Pengalaman Pertama Masuk Sekolah Online dan Persiapannya

Halo semuaa! Saya Arya Arindra Danadhyaksa kelas 8A dari Sekolah  SMP Labschool Jakarta. Pada blog kali ini dan blog pertamaku, aku ingin berbagi info ke kalian tentang pengalaman pertama masuk sekolah online dan persiapannya. Tapi, aku akan mengetik tentang persiapannya terlebih dahulu nih. Pada Hari Minggu, 12 Juli 2020 tepatnya pada sore menjelang malam, saya menyiapkan laptop dan posisi duduk yang paling nyaman. Kemudian, saya menyiapkan buku, alat tulis, dan buku tulis saya.



Ketika malam hari, saya mendapat notifikasi bahwa kuota saya sudah habis, padahal baru saja diisi kuota pada 1, atau 2 minggu yang lalu. Pada waktu itu, belum ada wifi rumah, sehingga kami menggunakan kuota. Ketika saya ingin meminta untuk dibelikan kuota, ayah saya menolak dan bilang bahwa resiko aku sendiri. Kemudian, saya meminta ibu saya untuk hotspot seluler dari hp ibu saya untuk sekolah online besok. Ibu saya menerima permintaan saya.


          Pada keesokan harinya atau lebih tepatnya Hari Senin, 13 Juli 2020, saya bangun jam 04.00. Saya Salat Tahajud terlebih dahulu karena belum masuk waktu Subuh. Setelah saya selesai melakukan ibadah pagi saya, saya mandi, pakai seragam sekolah, dan sarapan. Pada waktu itu, belum ada presensi di web sekolah, sehingga kami melakukan presensi di zoom meeting. Jam 07.00, kelas online pun dimulai.


             Sebelum masuk ke pelajaran, kami melakukan perkenalan dan pengarahan oleh wali kelas baru kami, yaitu Pak Murdha. Jam pelajaran pertama pun jadi kepotong karena ada perkenalan dan pengarahan dari wali kelas baru kami saking serunya berbincang-bincang. Nah, pelajaran kedua pada hari senin pun dimulai, yaitu pelajaran Bahasa Indonesia dan gurunya adalah Pak Humaedi, sama dengan saat kami masih menduduki bangku kelas 7. Pelajaran tersebut dimulai pada pukul 08.10. Seperti biasa, membaca novel terlebih dahulu sebelum masuk ke materi pelajaran. Setelah selesai membaca novel, barulah kami memulai belajar. Pelajaran tersebut selesai pukul 10.00, kemudian dilanjutkan dengan istirahat selama 40 menit. Istirahat tersebut sangat berarti bagi kami, karena untuk mengistirahatkan mata dan makan untuk energi.

 

            Setelah istirahat setelasi pada pukul 10.40, pelajaran ketiga atau yang terakhir pun dimulai, yaitu pelajaran Prakarya oleh Bu Titin. Kami pun berkenalan kepada Bu Titin Karena baru pertama kali berkenalan dan diajari oleh beliau. Ketika pelajaran dimulai, Bu Titin memperlihatkan sebuah video tentang kreasi dari botol plastik. Namun, ada masalah ketika video tersebut diputar. Video tersebut nge-lag dan hanya terlihat 1 atau 2 frame dan suaranya pun terdengar patah-patah. Hal tersebut terjadi sampai akhir dari pelajaran tersebut. Karena masalah tersebut, Bu Titin akan memperlihatkan video tersebut di lain waktu. Video tersebut akan diputar sekitar 2 minggu kedepan karena ada kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan siswa) yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020 dan pada tanggal 22 Juli 2020, ada  kegiatan Pra-SAKSI (Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia).

           

            Hari pertama sekolah online pun selesai dengan beberapa cerita dan masalah. Oh ya, pasti kalian penasaran kan kenapa aku mengikuti kelas online? Mungkin kalian tau ya, karena ini sudah viral. Yap, benar! Virus Korona. Virus ini sudah mendunia dan kita semua harus mengurangi aktivitas di luar dan kalau terpaksa, kita harus pakai masker dan selalu cuci tangan. Nah, karena di rumah saja, kita melakukan kegiatan secara online. Salah satunya ya kelas online. Sekian blog pertama aku ini. sampai jumpa di blog lain.

 

 


Comments

  1. semoga wabah corona segera berlalu dan kita bisa kembali berangkat ke sekolah dan bertemu kawan kawan dan juga guru. Terima kasih sdh menuliskan ceritanya dengan baik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 2

Kolaborasi Dalam Masyarakat Digital

Rangkuman Materi Bab 1 Informatika