Pengalaman Ceramah Umum dan Digital Labs


Hai semuaa!! Nama saya Arya Arindra Danadhyaksa dari kelas 8A absen 05. Pada blog kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya pada saat mengikuti kegiatan ceramah umum dan Digital Labs kepada pengunjung blog saya. Ceramah umum dan Digital Labs diadakan pada hari Selasa tanggal 29 September 2020. Ceramah umum adalah kegiatan ceramah yang diadakan POMG SMP Labschool Jakarta. Kegiatan tersebut dilakukan di SMP Labschool Jakarta dan kegiatan tersebut dilakukan setiap tahunnya. Nah, karena tahun ini ada virus mematikan dan menyebar sangat pesat ini dan kita tidak boleh untuk berkumpul di sebuah ruangan, maka kegiatan tersebut harus dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan tersebut dilakukan bersama kelas 7, 8, dan 9. Acara ini dimulai pada pukul 07.00 pagi dan selesai pada jam 12.00 siang.

Sebelum melakukan ceramah umum, ada sambutan dari kepala POMG yaitu Ibu dr. Deny Aryasari, M.Kes, kemudian dari kepala sekolah yaitu Bapak Drs. Asdi Wiharto, kemudian dari kepala BPS Laboratorium UNJ yaitu Bapak Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Setelah sambutan, dilakukan pembacaan do’a oleh bapak Drs. Dedi Hadi Rizki. Pada saat sambutan dan pembacaan do’a, kelas 7, 8, dan 9 masih berada di satu room, kelas 8 dan 9 belum dibreakout zoom. Ceramah umum pun dimulai saat kelas 8, dan kelas 9 sudah di room yang berbeda sedangkan kelas 7 berada di main room. Pembawa materi kelas 8 pada saat ceramah umum tahun ini ialah Kak Firman yang membawa materi tentang “Bijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19”. Materi yang dibawakan oleh Kak Firman sangat menyenangkan dan yang pasti tidak membosankan karena menurut saya, materi tersebut sangat penting dan harus diterapkan pada saat masa-masa seperti ini dimana kita menggunakan internet setiap hari dan kita harus bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Intinya kita harus bisa memilah-milah mana yang benar atau baik, dan mana yang berita hoaks atau buruk.

Setelah ceramah umum selesai, kami dipersilahkan untuk istirahat selama 30 menit. Istirahat itu sangat berguna bagi kita karena pada saat seperti ini, mata kita mudah lelah karena terlalu sering melihat layar radiasi, oleh karena itu kita harus mengatur waktu pemakaian gadget. Istirahat pun selesai, kami pun siap untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu Digital Labs. Acara Digital Labs adalah acara yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Digital Labs kelas 7 dengan Kak Cleivo. Mereka belajar mengenai bagaimana cara coding. Kelas 9 dengan Kak Farid dan kak Helda. Mereka belajar atau membahas mengenai social media.


Kelas 8 dengan Kak Ninin Musa dan kak Deswara Aulia. Kak Ninin Musa mengajari kami tentang perfilman. Beliau juga berbagi pengalaman beliau saat bekerja di dunia perfilman, Tips and Trick agar kami bisa berkarya di dunia perfilman, dan film-film apa saja yang pernah beliau buat. Materi yang dibawa oleh kak Ninin Musa sangat menyenangkan dan keren sekali. Tidak hanya keren dan menyenangkan, materi yang dibawakan ini sangat bermanfaat dan sangat memotivasi bagi para siswa dan siswi yang menyukai di bidang perfilman.

Setelah materi yang dibawakan oleh Kak Ninin selesai, dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Kak Deswara Aulia mengenai seni dalam beriklan di media social. Materi yang disampaikan beliau lebih mendalalami CGI yang memang sudah sering digunakan dalam film, acara televisi, dan lain-lain. Beliau menjelaskan bahwa proses CGI lebih sulit dan memakan biaya dibandingkan dengan efek-efek konvensional. Namun, hasilnya juga lebih realistis. Seru sekali materi yang dibawakan oleh Kak Deswara Aulia ini.

Adzan berkumandang, acara Digital Labs pun berakhir. Menurut saya, materi-materi yang dibawakan oleh kakak-kakak pada saat ceramah umum dan Digital Labs ini menarik semua. Pada saat ceramah umum, ada pelajaran yang bisa diambil yaitu kita harus bisa memilah-milah mana yang benar atau baik, dan mana yang berita hoaks atau buruk. Pada saat Digital Labs juga menarik dan memotivasi para siswa dan siswi yang suka di bidang perfilman dan juga pengetahuan kami bertambah dengan adanya acara ini.

 

Berikut adalah video Digital Labs

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Latihan Akhir Bab 2

Kolaborasi Dalam Masyarakat Digital

Rangkuman Materi Bab 1 Informatika